KKN EDISI COVID: JELANG NEW NORMAL MAHASISWA KKN UM SEBAR MASKER DI DESA NGADIREJO, JABUNG.

KKN EDISI COVID: JELANG NEW NORMAL MAHASISWA KKN UM SEBAR MASKER DI DESA NGADIREJO, JABUNG.

Pandemi tidak menjadi halangan untuk mengabdi. Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan KKN edisi COVID-19 untuk mahasiswa yang mendaftar KKN pada Semester Antara 2020/2021. Kegiatan KKN yang umumnya dilakukan dengan tinggal dan mengabdi langsung di desa, sekarang disesuaikan dengan aturan protokol kesehatan yang berlaku. Mahasiswa tidak diperbolehkan menetap maupun berada di desa dalam waktu yang lama sehingga program kerja KKN edisi Covid ini dilakukan secara online untuk mahasiswa yang berada di luar Malang, sedangkan perwakilan mahasiswa yang berdomisili Malang bisa melakukan proker layanan masyarakat untuk pencegahan penyebaran virus corona, misalnya pemberian 1000 maskerS untuk warga desa.
Desa Ngadirejo menjadi salah satu di antara 128 desa yang menjadi tempat berlangsungnya kegiatan KKN Regular edisi Covid ini. Desa Ngadirejo yang berlokasi di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang ini termasuk desa tangguh covid-19 yang mematuhi protokoler kesehatan, sehingga tidak ada warga yang terjangkit covid-19. Kelompok mahasiswa KKN Desa Ngadirejo memilih proker penyediaan 1000 masker dengan berbagai pertimbangan, salah satunya dukungan dari Kades Ngadirejo, Muhammad Toib “saya setuju dengan usulan proker penyediaan 1000 masker, karena masker itu yang paling penting dan memang masih terus dibutuhkan untuk waktu yang lama.“
Desa Ngadirejo memiliki 2 dukuh dengan 11 RT, pihak pemerintah desa secara rutin mendistribusikan 1650 masker ke warganya. Untuk memudahkan penyaluran masker, perangkat desa memberikan 150 masker kepada setiap Ketua RT dan selanjutnya masing-masing RT membagikan masker sekitar 2-3 untuk setiap rumah, tergantung banyaknya anggota keluarga. Pada hari kamis (26/06) 8 mahasiswa sebagai perwakilan kelompok mengeksekusi program kerja mereka dengan cara turut serta mendistribusikan masker ke 11 Ketua RT di Desa Ngadirejo Jabung.
Disamping itu, mahasiswa juga membantu penyediaan perlengkapan untuk tenaga medis Desa Ngadirejo. sebanyak 8 APD, 4 face shield, 2 pasang sepatu pelindung, dan 3 box masker medis diberikan untuk membantu tenaga medis di Desa Ngadirejo. Proker ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan tenaga medis dalam melawan pendemi covid-19.

Tinggalkan Balasan